Beranda » Info Labuan Bajo » Batu Cermin Labuan Bajo Wisata Gua Yang Berkilau

Batu Cermin Labuan Bajo Wisata Gua Yang Berkilau

T Diposting oleh pada 22 December 2015
F Kategori ,
b 1 komentar
@ Dilihat 3663 kali

Batu Cermin Labuan Bajo

 

Batu Cermin Labuan Bajo kini menjadi salah satu destinasi wajib bagi wisatawan domestik ataupun luar negeri yang berkunjung ke Labuan Bajo. Kami menyarankan anda untuk memasukan batu cermin ke dalam list lokasi yang harus anda kunjungi jika mengambil paket komodo tours kelak.  Baiklah kami akan sedikit mengulas tentang gua indah yang terletak di tengah kota Labuan Bajo ini.

Jika berbicara sejarahnya, Gua Batu Cermin Labuan Bajo ditemukan pada tahun 1951 oleh Theodore Verhoven, seorang pastor Belanda sekaligus juga sebagai seorang arkeolog yang tengah berkunjung ke Labuan Bajo. Dari temuan gua tersebut, Verhoven mengambil kesimpulan bahwa dahulu kala Labuan Bajo dan Pulau Flores berada di bawah dasar laut. Asumsi ini di dasari oleh penemuan fosil satwa laut di dinding goa, Keren kan !

Obyek wisata seluas 19 hektar ini terletak tidak jauh dari pusat kota Labuan Bajo, hanya butuh kurang lebih 7 menit dari bandara ke lokasi dari bandara komodo. Biasanya pada siang hari lokasi wisata ini ramai dikunjungi wisatawan, dengan berjalan kaki dari depan menuju bibir gua kurang lebih 400 meter anda akan melalui jalan setapak yang sudah di korn blok dengan pepohonan bambu di pinggirnya.

jalan setapak goa batu cermin

Ketika tiba di bibir Gua Batu Cermin, anda akan melihat tinggi gua yang mencapai kurang lebih 75 meter. Biasanya banyak wisatawan yang sudah berkeringat saat tiba di pintu masuk goa 🙂 tak sampai disitu saja, saat masuk Goa anda memerlukan sedikit Effort agar dapat masuk dan berjalan kedalam gua. Setidaknya anda perlu jongkok dan terkadang merangkak saat baru masuk dalam goa.

Gua Batu Cermin ini terbilang sempit dan gelap, tapi jangan cemas anda akan dibekali senter dan helm oleh pemandu. Agar dapat melihat fosil hewan laut seperti kura-kura anda setidaknya harus berjalan, berjongkok dan menunduk kedalam gua kurang lebih 25 meter.

Jangan pernah berpikir bahwa anda akan menemukan cermin di dalam gua 🙂 karena saya jamin tidak akan pernah anda temukan. Namun kata Cermin sendiri disematkan lantaran di dalam gua batu cermin ada lobang di atasnya, kalau siang hari sinar matahari memasuki dalam goa melalui celah yang sempit itu. Saat hujan, air hujan akan memasuki goa dan menimbulkan genangan. Nah, genangan air yang terkena sinar matahari akan membuat Anda bisa melihat wajah sendiri di air hujan yang memenuhi gua.

Patung Maria di goa batu cerminTak hanya keindahan Stalagtit dan Stalagmit yang berkilau memukau, Gua ini menyiratkan pesona religi bagi umat kristen. Pasalnya ada batu putih panjang dan dekat dengan tempat cahaya matahari masuk, jika pada jam tertentu batu tersebut terkena sinar matahari maka akan terlihat seperti Patung Bunda Maria.

Jika anda mengambil paket liburan komodo tours pada kami, maka mengunjungi lokasi Gua Batu Cermin  Labuan Bajo sudah termasuk dalam paket tour. Namun jika anda pergi sendiri maka anda cuman perlu membayar biaya masuk Rp. 10.000 dan uang pemandu sebesar Rp. 20.000.

Diposting oleh

Latto Giostanov adalah admin Mata Komodo yang menyukai traveling ke suma destinasi. Saat ini fokus menulis dan traveling ke wilayah timur indonesia. "Banyak pelajaran hidup dan kisah yang kita dapat dari Traveling, so ayo berangkat" !!!

1 Komentar untuk Batu Cermin Labuan Bajo Wisata Gua Yang Berkilau

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Batu Cermin Labuan Bajo Wisata Gua Yang Berkilau

romantis di kanawa

6 Alasan Kenapa Harus ke Labuan Bajo Bareng Pacar !

T 24 December 2015 F , A Giostanovlatto

Wisata Labuan Bajo menurut kami adalah salah satu destinasi romantis selain Bali dan Lombok tentunya. Jika anda bertanya apanya yang romantis di Labuan Bajo ? maka saya akan mengurai beberapa alasan untuk menjawab pertanya anda. Mari kita ulas satu persatu... Selengkapnya

pulau kambing labuan bajo

Pulau Kambing Komodo Keindahan Yang Tak Akan Hilang

T 28 December 2015 F , A Giostanovlatto

Pulau Kambing Komodo adalah salah satu dari banyak pulau indah yang tersebar di Flores. Kambing ! Mungkin saat mendengar namanya anda akan berpikir bahwa pulau ini dipenuhi oleh kambing dan beraroma tidak sedap. Bayangan anda salah ! Bahkan jauh dari... Selengkapnya

Pink Beach Komodo Surga Kecil Di Timur Indonesia

T 22 December 2015 F , A Giostanovlatto

Pink Beach Komodo adalah surga kecil di timur Indonesia dengan langit biru dan jernihnya air laut dibingkai dengan hamparan pasir berwarna merah muda membuat siapapun yang datang tak ingin beranjak pergi. Itulah prolog singkat tentang Pink Beach yang kini menjadi... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Booking.com

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai paket Komodo Tours & Flores kami.