Beranda » Info Labuan Bajo » Tempat Wisata Labuan Bajo Yang Patut Kamu Datangi

Tempat Wisata Labuan Bajo Yang Patut Kamu Datangi

T Diposting oleh pada 23 December 2015
F Kategori ,
b 1 komentar
@ Dilihat 3195 kali

Jika kamu beranggapan bahwa tempat wisata hanya ada di kepulauan komodo maka kamu salah! Tempat Wisata Labuan Bajo ternyata tak kalah ‘cantik’ loh !

Jika kamu kelak diberi kesempatan berlibur ke Pulau Komodo, coba atur jadwal kunjungan kamu agar bisa mengunjungi salah satu tempat wisata labuan bajo.

Ada beberapa lokasi yang dengan mudah bisa kamu datangi karena letaknya tak jauh dari pusat kota Labuan Bajo.

Tapi ada juga lokasi yang memerlukan waktu dan effort lebih untuk bisa kesana  !

Prinsipnya ! Tentukan Lokasi Prioritas Kamu dan Kunjungi 🙂 tititk

Ini dia daftar Tempat Wisata Labuan Bajo siapa tau kamu berminat untuk mengunjugi semua tempat ini :

1. Tempat Wisata Gua Batu Cermin

Tempat Wisata Labuan Bajo

Lokasi wisata Gua Batu Cermin letaknya tak jauh dari pusat kota Labuan Bajo, mungkin hanya 10 menit naik ojek.

Atau kalau mau sehat dan sembari Jalan-jalan Santai,

coba anda bersepeda ke Gua Batu Cermin, tanyakan staff hotel anda dimana bisa rental sepeda di Labuan Bajo.

Disini kamu akan disuguhkan dengan petualangan menyusuri Gua dan melihat kilauan Stalagtit dan Stalagmit.

Gak hanya itu aja loh…

Buat kamu yang beragama Katolik kamu akan mendapatkan pengalaman wisata religi. Didalam Gua ada bongkahan Batu putih yang terbentuk alami

Dan bentuknya menyerupai patung Bunda Maria.  Bahkan kalau sedang disinari matahari tampak jelas bentuknya.

Tak jarang banyak sekali wisatawan beragama katolik yang menyempatkan diri untuk berdoa.

Patung Maria di goa batu cermin

Note :

  • Jangan lupa mengantongi air mineral botolan, karena pasti anda akan membutuhkannya !
  • Siapakan uang masuk 10.000 perkepala dan 20.000 jasa pemandu
  • Gak perlu teriak-teriak gak jelas dan over acting ya pas didalam gua 🙂
  • Anda pasti bakal berjongkok, menunduk dan membungkuk saat didalam gua
  • Gak usah bawa senter karena anda akan dipinjamkan senter beserta helm oleh pemandu.

 

2. Tempat Wisata Gua Rangko

Gua Rangko Labuan Bajo

Gua Rangko tergolong lokasi yang sedikit sulit di tempuh meski sebenarnya ada 2 alternatif transportasi meuju Gua yang terletak di kampung kecil bernama Rangko.

Alternatif pertama adalah menggunakan transportasi darat seperti motor atau mobil, menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Namun kita tetap saja harus menyewa perahu kecil untuk bisa sampai di kampung Rangko.

Atau kamu bisa coba Alternatif Kedua

Gua Rangko Kapal Nelayan

Yaitu menggunakan kapal nelayan dari Labaun Bajo dengan total lama perjalanan kurang lebih 1.5 jam saja. Biasanya ada kok jadwal tetap penyebrangan ke Rangko setiap harinya.

Biasanya trayek transportasi Lb Bajo – Rangko di isi oleh penduduk asli sana, yang sedang berkunjung ke Labuan Bajo.

Keindahan Gua ini terletak pada kolam air asin yang ada di dalamnya, Keren kan…!

Gak hanya itu di mulut gua pada sore hari akan masuk cahaya matahari yang menimbukan pendar cahaya yang sangat indah.

Berenang di dalam kolam air asin sambil melihat stalaknit dan stalaktit yang ada di dalam gua tentu saja pengalaman yang tidak anda alami setiap hari.

Saat terbaik untuk mengagumi topografi Gua Rangko adalah ketika matahari telah bergeser ke ufuk barat

Atau sekitar pukul 14:00 waktu Gua Rangko tentunya, masa waktu China sih 🙂

Hal ini karena Sinar matahari baru bisa menyinari dalam Gua pada pukul tersebut saat posisi matahari semakin condong ke barat.

Nah pada saat sinar matahari menerangi gua secara optimal, maka pemandangan indah dapat kamu saksikan sambil berenang.

Langit-langit Gua yang dihiasi oleh stalagtit ini berubah bagai kubah emas katedral !! Indah bukan main tentunya !

Bila pernah melihat foto-foto dramatis cenote di Semenanjung Yucatan di Meksiko (Kalau liat, coba googling aja)

Gua Rangko ini terlihat rada mirip 😉 Baru rada sih belum mirip banget !

Berenang di Gua Rangko

 

Karena letaknya di perkampungan kecil, maka tak banyak yang tau tentang Tempat wisata Labuan bajo yaitu gua rangko ini.

Jika kamu berkunjung kesini kamu masih bisa merasakan suasana alami dan keindahan yang masih terjaga.

Goa Rangko Bibir gua

Jadi lokasi wisata Gua Rangko ini layak untuk kamu jamah !

Note :

  • Jangan lupa membawa bekal makan siang anda karena di cunca rami tidak tersedia warteg ataupun warung makan padang !
  • Sewa atau charter boat biasanya beragam tergantung wajah memelas dan pintar anda bersilat lidah dengan pemilik kapal
  • Hargai alam maka kamu akan dihargai ! jangan over dan teriak-teriak serta memaki di dalam gua karena selain mengangu hal ini juga tidak disarankan oleh penduduk lokal setempat.

3. Tempat Wisata Cunca Rami

Wisata Labuan Bajo Cunca Rima

Lokasi air terjun ini bisa ditempuh menggunakan mobil, namun jika kamu berjiwa petualang dan percaya banget sama Aplikasi Waze coba aja naik motor.

Selain seru, naik motor jauh lebih irit ! karena rental motor hanya berkisar Rp. 75.000 saja sehari di Lb Bajo.

Perjalanan ke lokasi ini memakan waktu kurang lebih 90 menit perjalanan !

Jaraknya sih cuman 35 meter saja dari kota Labuan Bajo menuju Werang.

Tiba di Werang, anda memulai petualang dengan berjalan kaki alias trekking, yang dipandu tentunya oleh warga lokal setempat.

Besarnya biaya jasa pemandu di nilai dari keikhlasan hati anda alias sukarela. Perjalanan menuju Cunca Rami sendiri memakan waktu 30 Menit !

Melewati perkebunan vanili, coklat, avokad dan pisang serta hamparan sawah menjadikan trekking anda penuh cerita.

Medannya pun tidak berat kok, karena jalan yang dilalui menurun. Paling anda harus melepaskan alas kaki saat melintasi sawah.

cunca rami trekking

Sawah di cunca rami

Kenapa disebut Cunca Rami Bukan Cucak Rowo ?

Nama Cunca Rami berasal dari bahasa setempat yang artinya Adalah Air Terjun(Cunca) di Tengah Hutan(Rami) dan letaknya di kawasan hutan Mbeliling, Flores.

Tinggi Air terjun ini sendiri sekitar 30 m.

Terdapat kolam alami yang menampung aliran air yang jatuh ke bawah yang dijadikan tempat untuk berenang oleh wisatawan yang berkunjung ke sini.

tempat wisat cunca rami waterfall

Note :

  • Jangan lupa membawa bekal makan siang saat wisata labuan bajo anda karena di cunca rami tidak tersedia warteg ataupun warung makan padang !
  • Ini daerah pegunungan, terkadang hujan turun tidak memandang musim jadi pintar-pintarlah mengemasi barang berharga anda.
  • Jangan habiskan tenaga dan energi anda semuanya saat berenang di air terjun karena anda memerlukannya saat kembali ke parkiran mobil !!
  • Penjelasan dari point diatas adalah, pas anda tiba kan jalan menurun cuman butuh 30 menit, nah pas pulang jalan menanjak ! bisa memakan waktu 1 jam lebih, jadi bawalah cadangan paru-paru anda…:)

4. Tempat Wisata Labuan Bajo : Cunca Wulang

tempat wisata Labaun bajo cunca wulang

Kalau kamu pernah berkunjung atau setidak melihat foto Grand Canyon yang ada di Pangandaran,

Maka Cunca Wulang sepertinya bisa dibilang Grand Canyonnya Flores ! Karena topografinya terlihat mirip.

Lokasinya sebenarnya tidak terlalu jauh hanya 30 Km ke arah timur tepatnya menuju arah kota ruteng. Kalau di kalkulasi memakan waktu 1.5 Jam perjalanan.

Sama seperti cunca rami, warga Werasawe dengan senang hati akan menjadi pemandu anda untuk trekking menuju air terjun.

Dan biaya jasa pemandunya adalah sebesar keikhlasan anda memberikan tipping.

Dari tempat parkir mobil anda harus berjalan kurang lebih 40 Menit dan tentu saja melelahkan

Medan yang anda tempuh masih dalam bentuk jalan tanah dan kita akan melewati sejumlah perkebunan milik warga.

Pemadangan pohon seperti kemiri, kopi, dan kakao akan anda temui, begitu juga dengan petakan sawah yang tumbuh subur.

Selepas trekking melalui hutan lebat kita akan  langsung disajikan lembah sungai dengan aliran air yang tenang dan jernih.

Sungai itu dikelilingi bentangan batu alam yang memesona. Dari sini suara deru air terjun akan terdengar menggoda anda.

Tapi tunggu dulu…

ada baiknya anda menikmati sensasi terjun dari canyon atau tebing setinggi 5 meter dan rasakan sejuknya air di cunca wulang.

Dalam bahasa setempat, cunca berarti ’air terjun’, dan wulang berarti ’bulan’. Konon ada yang mengatakan, bentuk air terjun ini seperti bulan.

Yang unik, di air terjun ini terdapat ngarai, lembah sungai yang diapit oleh tebing raksasa.

Air sungai terpancar dari puncak tebing berwarna jernih kehijauan. Asyiknya, pengunjung dapat melompat dari tebing, terjun ke sungai untuk berenang.

cunca wulang air terjun

Segala kepenatan dalam perjalanan dari Labuan Bajo dan Wersawe serasa sirna oleh kesegaran air terjun di situ.

Note :

  • Jangan lupa membawa bekal makan siang saat wisata labuan bajo anda karena di cunca rami tidak tersedia warteg ataupun warung makan padang !
  • Lebih berkunjung saat musim  kemarau karena bila musim hujan tanah menjadi basah dan jalan kesana tidak dapat diakses
  • Siapakan uang sebesar Rp. 10.000 untuk biaya retribusi
  • Bawa Senter karena ada Gua indah yang bisa kamu explore
  • Jangan habiskan tenaga dan energi anda semuanya saat berenang di air terjun karena anda memerlukannya saat kembali ke parkiran mobil !!
  • Penjelasan dari point diatas adalah, saat kamu pulang dan menuju lokasi parkir mobil kamu akan melalui medan mendaki.

Prinsipnya tempat ini penting dan gak rugi untuk dikunjungi !!!

Itu dia rangkuman 4 Tempat wisata labuan bajo favorit jika kelak kamu berlibur ke pulau komodo.!!

Kami menyediakan paket tour untuk ke 4 tempat wisata labuan bajo ini, jangan pernah sungkan untuk menghubungi kami.

Diposting oleh

Latto Giostanov adalah admin Mata Komodo yang menyukai traveling ke suma destinasi. Saat ini fokus menulis dan traveling ke wilayah timur indonesia. "Banyak pelajaran hidup dan kisah yang kita dapat dari Traveling, so ayo berangkat" !!!

1 Komentar untuk Tempat Wisata Labuan Bajo Yang Patut Kamu Datangi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Tempat Wisata Labuan Bajo Yang Patut Kamu Datangi

komodo tours gili laba

4 Lokasi Trekking Keren Saat Ikut Sailing Komodo Tours

T 21 December 2015 F , A Giostanovlatto

Berlibur ke pulau komodo atau ikut paket Komodo Tours memberikan anda pengalaman yang tak akan terlupakan tentunya.  Selain melihat komodo  yang masuk dalam 7 keajaiban dunia, keindahan pantai dan laut biru yang dimiliki oleh beberapa pulau yang tersebar di pulau komodo... Selengkapnya

Wisata Pulau Komodo bagi anda

11 Alasan Kenapa Kamu Harus Wisata Pulau Komodo

T 21 December 2015 F , A Giostanovlatto

Bagi anda yang gemar traveling tapi belum pernah Wisata Pulau Komodo maka  anda perlu dan wajib menambahkan pulau komodo sebagai salah satu destinasi yang anda kunjungi sebelum anda meninggal dunia 🙂 serem amat ya …hehehehe. Tapi bener loh, pulau komodo... Selengkapnya

Liburan Natal

Intip Yuk Tempat Terbaik Liburan Natal di Dunia !

T 25 December 2015 F , A Giostanovlatto

“Libur telah tiba,libur telah tiba Hore, hore, hore Simpanlah tas dan bukumu” “Lupakan keluh kesahmu Libur telah tiba,libur telah tiba Hatiku gembira” Itu dia penggalan lirik lagu yang dinyanyikan mantan penyanyi cilik Tasya, Yang berjudul Libur Telah Tiba. Lagu ini... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Booking.com

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai paket Komodo Tours & Flores kami.